Laman

Thursday 11 September 2014

Pemrograman Web

         apa sih pemrograman web itu ? sering sekali kita mendengar istilah itu di jaman yang sudah maju ini, mungkin bagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia IT, hal itu bukanlah hal yang asing lagi, tapi bagi orang awam mungkin hal itu adalah hal yang sedikit sulit untuk dimengerti. bagi orang-orang yang baru masuk dunia IT mungkin istilah Pemrograman Web juga masih sedikit asing. oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Pemrograman Web.
         Pemrograman Web secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu Pemrograman dan Web.
Pemrograman (Programming = program+ing) dan Web (World Wide Web). jadi bisa disebutkan Pemrograman Web adalah suatu proses atau cara untuk membuat atau mendesain atau mengembangkan Web. tentunya kalian semua sudah tahu kan apa itu web ? karena di jaman yang sudah maju ini tidak sedikit dari kita yang sudah mempunyai gadget lengkap seperti laptop smartphone dsb yang dapat menunjang kita untuk dapat terhubung ke Web.

1. Konsep Dasar Web

          World Wide Web sering juga disebut Web atau Website. Website adalah layanan internet yang paling sering digunakan untuk menyampaikan informasi. informasi disini bisa mencakup gambar, suara, video, text dsb. tersimpan dalam webserver dan dapat diakses dari komputer client dengan mengguanakn perangkat lunak atau software atau aplikasi web client yang disebut web browser. web browser membaca halaman web melalui protocol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). protocol HTTP ini bertugas mengirim perintah dari web browser ke web server, kemudian web server akan memberikan balasan atau mengirimkan data dari web server ke web browser.

2. Web Server



           Perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web . 
Beberapa web server yang sering digunakan antara lain: 
Apache Web Server (www.apache.org)
Internet Information Service (www.microsoft.com/iis)
Xitami Web Server (www.xitami.com)
Sun Java System Web Server (www.sun.com)
dsb

3. Web Browser
          Perangkat lunak dalam klien yang berfungsi mengirim permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS kepada server dan menerima kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web . 
Beberapa web browser yang sering digunakan antara lain: 
Mozila Firefox ( http://www.mozilla.org)
dsb

4. HTTP
         HTTP adalah HyperTextTransfer Protocol yaitu protocol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web(WWW), Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web (W3C) dan grup bekerja Internet Engineering Task Force(IETF), bekerja dalam publikasi satu seri RFC yang paling terkenal RFC 2616 yang menjelaskan HTTP/1,1
HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server.

mungkin cukup segitu dulu, untuk selanjutnya mungkin bisa kita teruskan nanti pada kesempatan berikutnya

No comments:

Post a Comment