Laman

Monday 28 January 2013

membuat kalkulator sederhana dengan netbeans

pada postingan kali ini gue mau buat postingan tentang membuat kalkulator sederhana dengan netbeans, karena gue newbie jadi kalkulatornya ya gak keren-keren amat, juga gak sebagus yang ada di edaran, hehe
jadi bagi kalian-kalian yang udah pada master java, kayanya gak perlu dech lihat ini, hehe
ok kita langsung saja, karena gue newbie jadi kita buat kalkulatornya kita maen drag aja ya, soalnya belum begitu bisa dengan full coding, hehe, ok
langkah pertama masuk netbeans dulu, pasti bisa donk, setelah masuk netbeans kita buat project baru
pilih java aplication, setelah itu


beri nama project sesuai selera kalian, tapi kali ini saya kasih nama kalkulator projectnya, lalu yang create main classnya itu centanngnya dibuang aja gak apa-apa, lalu klik finish deh,
jadi ? ya belum lah ini baru mulai kali bro
setelah project tadi keluar kita buat package baru
karena kita belajar jadi pemberian namanya ngikut gue aja ya bro
ok kita kasih nama ''kalkulator'' packagenya
setelah itu kita klik kanan packagenya pilih new trus pilih JFrame Form
setelah itu pilih design, kemudian coba kalian buat form seperti ini

masih bingung ? oke gue jelasin, di gambar itu pake 3 jTextField, dan 4jButoon yaitu ntar kalian ganti namanya satu-satu menjadi + - x :    dan yang paling bawah itu jButton exit, kalian gak buat gpp, tapi kalau kalian buat juga ya gpp, hehe
itu udah bisa kalian run tapi belum bisa buat ngehitung, hehe
trus gimana ?
pertama kita buat fungsi tombol + dulu, kita double klick aja tombolnya maka akan keluar tempat source code, kemudian kalian ketikkan source kode seperti ini :

pasti udah tau kan maksut dari diatas, ada rumus total=angka1+angka2;
nah itu untuk penjumlahan, sekarang bagaimana dengan yang lainnya, semuanya hampir sama, sekarang coba kalian lakukan hal yang sama dengan tombol - dan x gampang kan  tinggal mengganti rumus + jadi - dan x
tapi yang perkalian jangan kalian tulis x tapi kalian tulis * untuk perkalian,
lalu bagaimana dengan pembagian : ? kalian tulis aja / tapi kalian jangan pake Integer, kalian pake double aja , biar gak salah ni gue kasih gambarnya
sekarang kita selesai
oh iya lupa bagi yang membuat tombol exit tadi, tinggal double click aja tombolnya lalu ketikan kode seperti ini : 
dispose();

oke sekarang coba kita run dan kita cek hasilnya 

untuk pengurangan

 untuk pembagian

untuk penjumlahan

untuk perkalian


terima kasih atas perhatiannya semoga bermanfaat
dan salam IT untu kseluruh dunia
saya Iwan Safrudin

No comments:

Post a Comment